Monday, October 27, 2008

ANALISIS KUALITATIF

Hari ini tepat tanggal 28 Oktober 2008, hari dimana bangsa Indonesia memperingati Sumpah Pemuda. Setiap ada lapangan terbuka, banyak bergerombol orang-orang yang memakai seragam korpri kayak mau demo melaksanakan upacara bendera.

Tidak begitu dengan saya, selain dikarenakan saya belum mengetahui manfaat upacara, saya hari ini ngubek-ngubek salah satu toko buku terbesar di negeri ini untuk mencari buku tentang panduan melakukan analisis kualitatif.

Jam 10.00 wib saya sudah masuk toko, komputer yang berisi data base analog buku yang ada disitu saya operasikan. Sebesar toko itu, cuman ada 2 buku yang melihat judulnya sesuai dengan yang saya inginkan.

Aku baca buku tersebut, rupanya gak sesuai dengan keinginan saya. Karena yang saya inginkan adalah panduan melakukan analisis kualitatif mulai dari data hasil wawancara, teknik melakukan koding, teknik display data, sampai teknik manarik kesimpulan.

Pusing aku dibuatnya, (segitunya). Hal ini bukan tanpa alasan, karena saya dikejar deadline harus menyelesaikan tugas pada akhir bulan ini.

Sobat MP yang budiman, kalo anda pernah membaca buku tersebut, tolong saya diberitahu buku karangan siapa, cetakan mana dan kemana saya harus mencarinya.

Seharusnya hari ini saya bersemangat sumpah pemuda, namun karena hanya karena buku saya dibuat pusing jadinya.

1 comment:

Anonymous said...

katanya ada buku dari ui press pak, analisa data kualitatif.. kalo sekarang saya sedang coba baca miles huberman.. cukup mudah diikuti buat saya yang pas-pasan.. hehehehe