Thursday, October 16, 2008

HIGH WAY PORTAL

Mulai hari ini (tgl 17 Oktober 2008) kayaknya kita pemakai jalan raya di Jakarta harus ekstra hati-hati, terutama mereka yang suka menerobos jalur Trans Jakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan jalur bus way. 

Bukan dikarenakan sesuatu hal, misalnya ada polisi ataupun apa, tetapi dinas perhubungan Pemda DKI telah memasang pintu otomatis pada jalur-jalur trans Jakarta yang sering di terobos oleh pengendara motor atau kendaraan selain trans Jakarta.
Palang pintu tersebut akan membuka dan menutup secara otomatis selama kurang lebih 3 detik, yang diharapkan begitu bus trans Jakarta lewat, maka pintu akan segera tertutup dan mobil yang mengikuti di belakang bus akan kena portal apalagi kendaraan yang menerobos sendirian. 

Hal ini dilakukan oleh Pemda DKI, karena selama ini Dinas Perhubungan DKI telah kewalahan bagaimana cara membuat jera pengendara kendaraan bermotor yang suka menerobos jalur Trans Jakarta yang mengakibatkan sering bus terlambat datang pada halte-halte yang telah ditentukan yang mengakibatkan menumpuknya penumpang pada suatu halte.
Ide cemerlang, inovatif memang para karyawan Pemda DKI untuk menciptakan action yang spektakuler, contoh lain:  masih terlitas dibenak kita beberapa bulan yang lalu Dinas Perhubungan mengunci ban mobil yang parkir sembarangan. Namun sekarang sudah banyak lagi mobil yang parkir tidak digembok, apakah kuncinya sudah pada hilang, atau karena terlalu banyaknya kendaraan yang melanggar sehingga membuat keder petugas.
Mudah-mudahhan ide portal ini tidak mengikuti ide kakak-kakaknya yang telah di launching duluan, dan terus akan membuka tutup seperti yang diharapkan. Jangan hanya bisa buka dan gak bisa nutup, sehingga pengendara bandel akan kembali lagi mengulangi pekerjaannya.
 

No comments: